Download Software Gratis

Syntax Java


Selamat datang di saras-noya45.blogspot.com, dalam post ini akan membahas tentang syntax dan source code yang sering digunakan di pemrograman java lengkap dengan fungsi dan penggunaannya. 
Sebenarnya sudah banyak postingan yang menjelaskan tentang hal ini tapi kali ini saya akan memjelaskan dengan bahasa interaktif yang mungkin akan lebih mudah anda pahami :D

Contoh syntax pemrograman java: 
1. Abstract
Definisi : Abstract adalah kata kunci yang digunakan untuk menyatakan kelas atau metode untuk menjadi abstract.
Kegunaan : Sebuah metode tidak memiliki implementasi, semua kelas yang berisi metode abstract harus dari mereka abstrak, walaupun tidak semua kelas abstrak memiliki metode abstrak.
Syntax : [abstract] class [class_mahasiswa]  
Contoh :
public abstract class Belajar {
    public int jamBelajar;
    public String tempat;
    public abstract void belajar();
}
//Class Turunan
//JadwalBelajar.java
class Telkom extends Belajar{
    public void setJam(int jam){
        jamBelajar = jam;
    }
    public void setKelas(String sekolah){
        tempat = sekolah;
    }
    public void belajar() {
        System.out.println("Kita belajar"
        + " java di kelas "+tempat+" selama "
        +jamBelajar+" jam");
    }
}
class Primagama extends Belajar{
    public void setJam(int jam){
        jamBelajar = jam;
    }
    public void setCabang(String cabang){
        tempat = cabang;
    }
    public void belajar() {
        System.out.println("Kita belajar"
         + " java di primagama cabang "
         +tempat+" selama "+jamBelajar+" jam");
    }
}
public class JadwalBelajar{
    public static void main(String[] args) {
        Telkom telkom = new Telkom();
        Primagama prim = new Primagama();
        telkom.setJam(10);
        prim.setJam(4);
        telkom.setKelas("X RPL 3");
        prim.setCabang("Sawojajar");
        telkom.belajar();
        prim.belajar();
    }
}


2. Assert
Difinisi : Assert merupakan kata kunci yang ditambahkan dalam J2SE 1,4, digunakan untuk membuat pernyataan yang programmer percaya selalu benar dititik dalam program.
Kegunaan : Jika pernyataan akan diaktifkan ketika program dijalankan dan ternyata bahwa pernyataan adalah palsu, Kata kunci ini dimasukkan untuk membantu dalam debugging.
Syntax : - assert booleanExpression;
-  assert booleanExpression;
Contoh :
public class Assert01
{       boolean checkSesuatu(boolean nilaiKembalian)
        {
                System.out.println("Di dalam checkSesuatu()");
                return nilaiKembalian;
        }
        void doAssert()
        {
                System.out.println("Sebelum assert");
                //Sintaks 1 dengan booleanExpression bernilai
                //true
                assert checkSesuatu(true);
                System.out.println("Sesudah assert");
        }
        public static void main(String[] args)
        {
                Assert01 a = new Assert01();
                a.doAssert();              
        }
}


3. Break
Definisi : Keyword yang berfungsi melanjutkan blok pernyataan
Kegunaan : Digunakan untuk melanjutkan pelaksanaan program dipernyataan segera setelah blok melampirkan saat ini atau pernyataan jika diikuti sebuah label.
Syntax : break;
Contoh :
class TestBreak{
   public static void main(String[] args){
      System.out.println(“Sebelum for”);
      for(int x=0;x<10;x++){
         if(x==4)
 break;
         System.out.pritnln(“Nilai x : ”+x);
      }
      System.out.println(“Setelah For”);
  }
}


4. Continue
Definisi : untuk melanjutkan eksekusi program pada akhir tubuh loop
Kegunaan : continue eksekusi kembali pada akhir tubuh loop brlabel melampirkan.
Syntax : continue;
Contoh :
class TestContinue{
   public static void main(String[] args){
      int x=10;
      System.out.println(“Sebelum while”);
      while(x<=50){
 x++;
 if(x%2==0)
    continue;
 System.out.println(“Nilai x : ”+x);
      }
      System.out.println(“Sesudah while”);
   }
}


5. Case
Definisi : Mengkelompokan sebuah jawan dan mengeksekusi
Kegunaan : Case digunakan untuk membuat kasus-kasus individu dalam pernyataan switch.
Syntax : case;
Contoh :
package switchCase;
import java.util.Scanner;
public class switchCaseTwo {
    public static void main (String [] hady){
        Scanner in = new Scanner (System.in);
        String nama , nim ;
        int jurusan;
        System.out.print("Masukan nama : ");
        nama = in.nextLine();
        System.out.print("Masukan nim : ");
        nim = in.nextLine();
        System.out.print("Pilihan : \n 1. Sistem Informasi \n 2. Teknik Industri \n 3. Teknik Informatika \n\n Masukan pilihan :");
        jurusan = in.nextInt();
        switch (jurusan){
            case 1:
                System.out.println("\n"+nama+" dengan nim "+nim+" memilih jurusan Sistem Informasi");
                break;
            case 2:
                System.out.println("\n"+nama+" dengan nim "+nim+" memilih jurusan Teknik Industri");
                break;
            case 3:
                System.out.println("\n"+nama+" dengan nim "+nim+" memilih jurusan Teknik Informatika");
                break;
        }
    }
}

6. Class
Definisi : Suatu jenis yang mendefinisikan implementasi dari jenis objek tertentu. Sebuah defenisi kelas mendefinisikan instance kelas bidang dan metode dan kelas batin serta menetukan antar muka kelas dan segera mengimplementasikan superclass kelas.
Kegunaan : Mengelompokan suatu object method dan lain-lain.
Syntax : class;
Contoh :
class Mahasiswa {
   String nim;                 //deklarasi variabel atau atribut
String nama;               //deklarasi variabel atau atribut
}

7. Default
Default digunakan dalam sebuah pernyataan switch untuk label blok pernyataan yang akan dieksekusi jika tidak ada case cocok dengan nilai yang ditentukan.

8. Else
Definisi : Kata kunci ini dapat digunakan bersama if untuk membuat penyataan if-else.
Kegunaan :mengujisuatu ekspresi Boolean, jika ekspresi bernilai true, blok pernyataan yang berhubungan dengan if dievaluasi, jika ia bernilai false blok, dari laporan yang berkaitan dengan else dievaluasi.
Contoh :
if (age < 16)
{
 isChild = true;
discount = 10;
}
else
{
discount = 0;
}

9. Import
Digunakan pada awal sebuah file sumber untuk menentukan kelas atau seluruh paket JAVA untuk disebut kemudian tanpa termasuk paket-paket mereka nama-nama dalam referensi. Sejak J2SE 5.0, import laporan dapat mengipor statc anggota kelas.

10. If
Definisi: Untuk mengelompokan hasil operasi berdasarkan masukan.
Kegunaan : If digunakan untuk membuat pernyataan jika yang menguji suatu ekspresi bernilai true, blok pernyataan yang berhubungan dengan jika pernyataan dijalankan. Kata kunci ini juga dapat digunakan untuk membuat pernyataan jika lain.
Contoh :
if (age < 16)
{
 isChild = true;
discount = 10;
}
else
{
discount = 0;
}

11. New
New digunakan untuk membuat sebuah instance dari sebuah kelas atau array.

12. Package
Sekelompok jenis paket dinyatakan dengan package kata kunci.

13. Int
Adalah kata kunci yang digunakan untuk menyatakan sebuah lapangan yang dapat memegang 32-bit masuk integer melengkapi dua. Kata kunci ini juga digunakan untuk menyatakan bahwa metode yang mengembalikan nilai int.

14. Interface
Digunakan untuk menyatakan tipe khusus kelas yang hanya berisi metode abstrak, konstan (static final) bidang dan static interface. Hal ini nantinya akan diimplementasikan oleh kelas yang menyatakan antarmuka dengan implementasi kata
kunci.

15. Long
Long kata kunci digunakan unuk menyatakan sebuah lapangan yang dapat memegang 64-bit masuk integer yang melengkapi dua. Kata kunci ini digunakan untuk menyatakan bahwa metode yang mengembalikan nilai tipe long.

16. Native
Digunakan dalm deklarasi metode untuk menentukan bahwa metode ini tidak diimplementasikan dalam file sumber java yang sama, melainkan dalm bahasa lain.

17. Private
Kata kunci yang digunakan dalam pembagian lapangan, metode, atau kelas batin, anggota swasta hanya dapat diakses oleh anggota lain dari kelas mereka sendiri.

18. Public
Piblic kata kunci yang digunakan dalam deklarasi metode, kelas, atau bidang, kelas umum, metode dan bidang dapat diakses oleh anggota dari setiap kelas.

19. Static
Digunakan untuk menyatakan sebuah lapangan, metode atau kela batin sebagai bidang kelas. Kelas mempertahankn satu salinan bidang kelas terlepas dari berapa banyak contoh yang ada dari kelas itu. Static juga digunakan untuk mendefinisikan sebuah metode sebagai metode kelas. Kelas metode yang terikat ke kelas, bukan ke contoh spesifik, dan hanya dapat beroperasi pada kolom kelas. (kelas dan interface dideklarasikan sebagai static anggota lain kelas atau interface sebenarnya top-level kelas dan tidak inner class).

20. Return
Digunakan untuk menyelesaikan pelaksanaan metode. Hal ini dapat diikuti oleh suatu nilai yang dapt diperlukan oleh defenisi metode yang dikembalikan ke pemanggil.

21. This
Digunakan untuk mewakili sebuah instance dari kelas dimana ia muncul. This dapat digunakan untuk mengakses anggota kelas sebagai referensi. This juga kata kunci digunakan untuk meneruskan panggilan dari satu konstuktor dikelas untuk konstuktor lain dikelas yang sama.

22. Throw
Kata kunci yang digunakan untuk menangani exception jenis tugas yang kompatibel. Jikatik adahandler pengecualian tersebut ditemukan dalam metode yang sekarang, maka kembali metode dan proses ini diulang dalam metode distack, maka pengecualian dilewatkan kehandler pengecualian theard itu tidak tertangkap.

23. Try
Medefinisikan blok pernyataan yang telah exception handling. Jika pengecualian dilemparkan dalam try blok, opsional catch blok dapat menagani menyatakan jenis pengecualain. Juga,opsionalfinally blok dapat dideklarasikan yang akan dijalankan ketika keluar eksekusi try blok dan catch klausa, telepas dari apakah pengecualain dibuang atau tidak. Sebuah try blok harus memilki minimal satu catch klausa atau finally blok.

24. Void
Kata kunci yang digunakan untuk menyatakan bahwa suatu metode tidak mengembalikan nilai apapun.

25. Volatile
Digunakan dalam deklarasi lapangan untuk menentukan bahwa variabel yang diubah asynchronously oleh bersamaan menjalankan thread, metode, kelas dan interface sehingga tidak dapat dideklarasikan volative.

26. While
Kata kunci digunakan untuk membuat loop semntara, ynag menguji suatu ekspresi Boolean dan mengeksekusi blok pernyataan yang berhubungan dengan loop jika ekspresi bernilai true, ini terus sampai ekspresi bernilai false. Kta kunci ini juga dapat
digunakan untuk membuat sebuah do-while-loop.
Contoh :
public class Looping { 
   
    public static void main(String[] args) { 
        int i=1; 
        while (i <= 5){ 
            System.out.println(i); 
            i++; 
        } 
    } 
}

27. Boolean
Kata kunci yang digunakan untuk menyatakan suatu bidang yang dapat menyimpan suatu nilai Boolean, yaitu baik true atau false. Kata kunci ini juga digunakan untuk menyatakn bahwa metode yang mengembalikan nilai tipe Boolean.

28. Char
Char kata kunci digunakan untuk menyatakan bidang yang dapat menyimpan 16-bit Unicode karakter. Kata kunci ini juga digunakan untuk menyatakan bahwa metode yang mengembalikan nilai tipe char.

29. Catch
Mendefinisikan sebuah handler pengecualian kelompok pernyataan yang dieksekusi jika pengecualian dilemparkan diblok ditentukan oleh sebelumnya try kata kunci, kode ini akan dijalankan hanya jika kelas pengecualian dilemparkan adlah tugas kompatibel dengan kelas pengecualian dideklarasikan oleh catch klausa.

30. Const
Meskipun reserved sebagai kata kunci dijava, const tidak digunakan dan memiliki
fungsi.

31. Continue
Digunakan untuk melanjutkan eksekusi program pada akhir tubuh loop saat ini. Jika diikuti dengan label, continue eksekusi kembali pada akhir tubuh loop berlabel melampirkan.

32. Do
Kata kunci yang dpat digunakan bersama dengan whie untuk membuat sebuah dowhile loop, yang menjalankan suatu blok statement berkaitan dengan loop dan kemudian tes ekspresi Boolean yang dapat berkait dengan while, jika ekspresi bernilai true, blok dijalankan lagi, ini trussampai ekspresi bernilai false.

33. Double
Kata kunci yang digunakan untuk menyatakan sebuah lapangan yang dapat memegang 64-bit. Kata kunci ini juga digunakan untuk menyatakan bahwa suatumetode megembalikan nilai tipe double.

34. Enum
Sebuah java kata kunci yang igunakan untuk mendeklarasikan tipe enumerasi. Matri
memperpanjang kelas dasar enum.

35. Extends
Digunakan dalm sebuah deklarasi kelas untuk menetukan superclass, digunakan dalam deklarasi interface nutuk menentukan satu atau lebih superinterface. Kelas X Y meluas kelas untuk menmbah fungsionalitas, baik dengan menambahkan field atau metode ke Y kelas, atau dengan meng-overridemetode kelas Y. Antarmuka Z memperluas satu atau lebih interface dengan menmbahkan metode. Kelas X dikatakan sebagai subclass Y kelas, interface Z dikatakan sebagai interface dari interface itu meluas. Juga digunakan untuk menentukan batas atas sebuah ketik Generics.

36. Final
Mendefinisikan entitas sekali yang tidak dapat diubah atau berasal dari nanti. Lebih spesifk, sebuah kelas akhir tidak dapat subclassed, metode akhir tidak dapat diganti, dan variabel final dapat trjadi paling banyak sekali sebagai ekspresi kiri. Semua metode dikelas terakhir secara implicit final.

37. Finaly
Digunakan untuk mendefinisikan suatu blok statement nutuk blok yang ditetakan sebelumnya oleh try kata kunci. Yang finaly blok dijalankan setelah keluar eksekusi try blok dan apapun yang terkait catch klausa terlepas dari apakah pengecualian terlempar atau tertangkap, atau eksekusi meninggalkan metode ditengah try atau catch blok menggunakan return kata kunci.

38. Float
Float kata kunci digunakan untuk menyatakan sebuah lapanagn yang dapa memegang 32-bit persisi tunggal IEEE 754-angka floating point. Kata kinci ini juga digunakan untuk menyatkan bahwa suatu metode mengembalikan tipe float.

39. For
For kata kunci digunakan untuk membuat loop, yang menmpatkan inisialiasai variabel, suatu ekspresi Boolean, dan suatu incrementation. Inisialisasi variabel dilakukan terlebih dahulu, kemudian ekspresi Boolean dievaluasi. Jika ekspres bernilai true, blok pernyataan yang berhubungan loop dijalaankan dan kemudian incrementation yang dilakukan.

40. Goto
Meskipun receved sebagai kata kunci dijava, goto tidak digunakan dan memiliki fungsi pada java.

41. Implement
Untuk menentukan satu atau lebih interface yang diimplementasikan oleh kelas saat ini. Kelas A mewarisi jenis dan metode abstrak dinyatakan oleh interface.

42. Instanceof
Sebuah operator biner yang menggunakan sebuahreferensi objek sebagai operan pertama dan kelas atau antar muka sebagai operan kedua dan menghasilkan hasil Boolean. 

43. Protected
Kata kunci yangdigunakan dalam pembagian lapangan, metode,atau kelas batin, anggota yang dilindungi hanya dapat diakse oleh anggota kelas mereka sendiri, bahwa kelas itu subclass atau kelas yang sama.

44. Strictfp
Sebuah java kata kunci yang digunakan untuk membatasi persis dan pembulatan pehitungan floating point untuk memastikan portabilitas.

45. Super
Untuk mengakse anggota kelas diwariskan oleh kelas dimana ia muncul. Super kata kunci juga digunakan untuk meneruskan panggialn dari konstruktor di superclass.

46. Switch
Kata kunci yang digunakan dalam hubunganya dengan case dan default untuk membuat pernyataan switch,yang mengavaluasi sebuah variable, nilai cocok untuk tertentu case,dan engeksekusi blok pernyataan terkait dengan case.

47. Transient
Menytakan bahwa medan bukan contoh default seri bentuobjek.

48. Synchronized
Digunakan dalam deklarasi atau blok kode metode untuk mendapatkan mutex kunci untuk objek sedangkan saat benag mengekekusi kode.

49. Throws
Digunakan dalam deklarasi metode untuk menentukan pengecualian tidak ditangani dalam metode melainkanditeruskan ketingkat yang lebih tniggi berikutnya program. Semua tertngkap pengecualian dalam sebuah metode yang tidak kasus RuntimeException harus dideklarasikan menggunakan throws kata kunci.

50. Short
Short kata kunci digunakan untuk menyatakan bidang bisa menampung 16-bit integer melengkapi menandatangi dua. Kata kunci ini juga digunaka untuk menyatakan bahwa metode yang mengembalikan nilai tipe short.


Demikian tentang penjelasan sintax2 yang ada dalam pemrograman java, seringlah berlatih dan mencoba agar sintax2nya hafal. Terimaksih telah mampir di blog saya, apabila ada kritik dan saran dapat anda sampaikan di sini.
Terimakasih :D
Contoh syntax dan penggunaanya :
Comment Policy : Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.

Beri Komentar Tutup comment

Disqus Comments